Lengkapi koleksi TOGA dengan Binahong Hijau yang kaya khasiat dan mudah dibudidayakan

Masyarakat Indonesia khususnya Suku Jawa telah mengenal binahong sejak lama. Tanaman ini tumbuh subur dan biasanya banyak dijumpai sebagai tanaman pagar. Jika seseorang mengalami memar akibat terjatuh, mereka memanfaatkan daun binahong dengan cara meremas-remasnya sampai lumat kemudian mengompreskannya disekitar area memar dan nyeri.

Binahong memiliki nama latin Anredera cordifolia (Ten.) Steenis. Binahong berasal dari Paraguay, Brazil bagian Selatan dan Argentina bagian Utara. Binahong tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m dpl. pada kondisi yang lembab, suhu 20-30°C (bulan Januari) dan 10-30°C (bulan Juli). Binahong merupakan tumbuhan liana berumur panjang dengan tinggi lebih dari 6 m.  Akar tunggang berwarna cokelat membentuk umbi dan lunak. Batang tidak berkayu tidak berair, bentuk silindris, saling membelit, permukaan halus, warna merah, bagian dalam padat. Binahong memiliki umbi yang terdapat di dalam tanah dan ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun tunggal, tersusun berseling, bentuk jantung, panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm, tekstur tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, permukaan licin. Tangkai daun pendek. Bunga majemuk, berbentuk tandan, tangkai yang panjang, muncul di ketiak daun. Daun kelopak berwarna hijau, 5 helai berlekatan. Daun mahkota berwarna putih krem, berjumlah 5 helai tidak berlekatan, panjang 0,5-1 cm, berbau harum.

Bagian tumbuhan yang digunakan yaitu daun dan umbi. Senyawa kimia yang terdapat dalam binahong adalah 3-hidroksi-30-horoleana-12, 18-dien-29-oat, larragenin, etil ester, asam ursolat6. Umbinya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol. Binahong mengandung beberapa metabolit sekunder, yaitu jenis flavonoid, alkaloid, polifenol, triterpenoid dan saponin. Flavonoid yang terkandung dalam binahong dapat mengurangi inflamasi.

Aspek farmakologi dari binahong diantarnya flavonoid yang bersifat lipofollik mungkin akan merusak membran sel mikroba. Rusaknya membran dan dinding sel akan menyebabkan metabolit penting di dalam sel akan keluar, akibatnya terjadi kematian sel. Saponin memiliki efek sebagai antibakteri karena akan merusak membran sitoplasma yang kemungkinan mempunyai efek yang sinergis maupun aditif dengan tanin dalam merusak permeabilitas sel bakteri itu sendiri. Walaupun binahong dapat digunakan untuk pengobatan namun konsumsi saponin dan flavonoid yang terkandung dalam daun binahong secara terus menerus dalam dosis yang tinggi akan mengakibatkan hipoglikemia akut dan dapat mengganggu flora normal tubuh sehingga penggunaannya tidak boleh dalam jangka waktu lama dan dosis berlebihan.

Sejumlah praktisi herbal melakuan pengujian terhadap khasiat daun binahong untuk kesehatan. Mereka menyimpulkan bahwa tanaman ini memiliki kemampuan menyembuhkan sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, di antaranya:

Mempercepat Penyembuhan Luka

Untuk mempercepat penyembuhan luka kecil maupun sehabis operasi, Anda bisa mengoleskan daun binahong mentah yang sudah dihaluskan pada area yang dimaksud. Antioksidannya akan membuat jaringan luka cepat menutup dan antiseptiknya akan mencegah infeksi.

Mengobati Sakit Mag

Mengonsumsi daun binahong akan menetralkan kembali asam lambung yang berlebihan. Antioksidannya juga berkhasiat membersihkan lambung dari radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit.     

Mengobati Asam Urat

Asam urat menyebabkan peradangan dan nyeri pada persendian. Untuk mengatasinya, minumlah rebusan daun binahong secara rutin. Kandungan daun binahong berguna untuk asam urat karena mampu menurunkan kadar purina dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat daun binahong yang paling penting adalah untuk mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi daun binahong sangat baik untuk jantung karena mengandung saponin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab serangan jantung.

Cara mengolah daun binahong untuk mencegah sakit jantung adalah

  • ambil beberapa helai daun binahong, lalu cuci hingga bersih;
  • seduh daun binahong dengan air panas seperti menyeduh teh;
  • tambahkan sedikit gula atau madu agar rasanya lebih enak; lalu
  • minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak dua kali sehari.

Mencegah Diabetes

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda dapat mengontrolnya. Perbaiki pola makan, hindari makanan manis, dan bantu dengan minum rebusan daun binahong setiap hari untuk menurunkan kadar gula darah.

Menjaga Kesehatan Mata

Minum jus daun binahong setiap pagi dan malam ternyata sangat baik untuk mata. Daun binahong mampu menutrisi mata sehingga bisa mengurangi gangguan penglihatan, seperti mata minus maupun rabun dekat.

Mengatasi Anemia

Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia. Daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh sel darah merah sehingga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi anemia.

Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

Indonesia kaya akan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah daun binahong karena mengandung senyawa antibakteri, antioksidan, kolagen, serta vitamin yang baik untuk wajah dan rambut. Berikut manfaatnya untuk Anda.

Mencerahkan Wajah

Daun binahong bisa digunakan untuk mencerahkan wajah karena kaya akan akan antioksidan. Untuk menggunakannya, haluskan beberapa helai daun binahong muda, lalu gunakan sebagai masker wajah setiap sehabis mandi. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

Mengencangkan Kulit

Khasiat daun binahong untuk kulit selanjutnya adalah menghilangkan keriput sehingga terlihat kencang. Buatlah masker dari 5–6 helai daun binahong yang dihaluskan. Gunakan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun binahong berikutnya yang tak kalah penting adalah untuk jerawat. Kandungan antibakterinya sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit kembali bersih. Cara penggunaannya sama saja, yaitu dibuat menjadi masker.

Merawat Rambut

Tak hanya kulit, daun binahong juga memiliki banyak kegunaan untuk rambut. Kandungan daun binahong sangat baik untuk menutrisi rambut agar menjadi subur, tidak mudah rontok, lembap, dan sehat.

Binahong berkembangbiak dengan cara generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui umbinya. Tumbuhan ini banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias dan obat. Perbanyakan dari umbi akar dilakukan dengan cara mencabut atau memisahkan umbi dari pohon induk, dipilih umbi yang telah cukup tua. Umbi ditanam pada media tanah yang telah dicampur pupuk kandang dengan perbandingan  1:1. Umbi yang telah ditanam sebaiknya diberi naungan sampai 50%. Perbanyakan dengan biji menggunakan biji yang telah masak. Perbanyakan tumbuhan ini umumnya dilakukan dengan cara vegetatif karena lebih cepat tumbuh dan sifatnya sama dengan induknya.

Perbanyakan tanaman binahong sangat mudah dan cepat, di bawah ini saya melakukan perbanyakan tanaman binahong melalui umbi, ambil umbi binahong potong kecil-kecil lalu saya tanam di dalam bekas gelas air mineral, jadi saya memanfaatkan sampah sebagai pengganti polybag untuk pembibitan. Siram setiap pagi dan sore, dalam waktu dua minggu sudah muncul banyak daun. Silahkan jika ada yang berminat membeli bibit binahong hijau. Binahong cocok sebagai salah satu koleksi tanaman obat di pekarangan Anda.

CP : Rizki (085646194272)

IG : https://www.instagram.com/togasidoarjo/

BL : https://www.bukalapak.com/u/rzk33

Pustaka :

https://www.tamanhusadagrahafamili.com/binahong-anredera-cordifolia-ten-steenis/. Binahong – Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.

https://notepam.com/manfaat-daun-binahong/. 11 Manfaat Daun Binahong yang Luar Biasa (Beserta Efek Sampingnya)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *