PASAR TANI, PROGRAM UNGGULAN MEMASARKAN DAN MEPROMOSIKAN ANEKA POTENSI PERTANIAN KABUPATEN SIDOARJO

Ada yang berbeda di Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo stiap hari Jum’at minggu ke II. Dimulai pada bulan Januari 2019 seluruh pegawai ikut serta dalam program baru yang dicanangkan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo yaitu Pasar Tani. Program Pasar Tani tersebut merupakan kegiatan dalam rangka memberi kesempatan kepada pelaku usaha pangan dan petani untuk memasarkan dan mempromosikan hasil-hasil pertanian dan olahan pangan. Dalam Pasar Tani menjual-belikan produk-produk pertanian yang merupakan potensi dari beberapa wilayah di Kabupaten Sidoarjo berupa  produk segar hasil pertanian, peternakan, perkebunan maupun aneka pangan olahan.

Program Pasar Tani menunjukkan sinergitas program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk percepatan pengembangan pembangunan khususnya bidang pertanian secara umum. Dinas memberikan fasilitas promosi berupa penyediaan stand bahan pangan pokok diantaranya beras dimana beras yang dijual merupakan beras segar program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUMP) dari Kementrian Pertanian yang sebelumnya hanya dipasarkan di Toko Tani tingkat Kecamatan. Terdapat pula telur ayam langsung dari peternak, daging sapi segar yang telah dicek kesegaran dan kesehatnnya dipotong langsung dari Rumah Potong Hewan (RPH) Kecamatan Krian, gula pasir hasil KPTR Kecamatan Krembung dan semuanya dipasarkan bebas untuk umum.

Lokasi pelaksanaan Pasar Tani yaitu di halaman kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Jl. Pahlawan KM. 2 Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. Kegiatan dimulai dengan jalan sehat bersama karena pelaksanaannya Hari Jum’at sebagai pengganti Senam Kesegaran Jasmani yang biasa dilakukan oleh pegawai Pemda Sidoarjo, setelah itu dilanjutkan kegiatan makan bersama dan minum susu sapi segar, kemudian peserta diperbolehkan berbelanja di stand-stand yang telah disediakan.

Stand di Pasar Tani menjual aneka produk berupa hasil pertanian segar seperti sayur mayur dan buah serta pangan olahan. BPP Sidoarjo dan BPP Porong menerapkan KRPL perkantoran, memiliki hasil panen sayuran segar berupa terong, pare, labu, sawi hidroponik yang kemudian dijual dalam kegiatan Pasar Tani. Begitupula Desa yang mendapat bantuan KRPL dari APBD II seperti di Kecamatan Tulangan juga dapat menjual hasil panen di Pasar Tani. Seperti tujuannya, Pasar Tani dapat dijadikan sebagai ajang promosi dan memasarkan produk ke masyarakat lebih luas dimana sebelumnya hanya dijualbelikan untuk lingkup yang sempit. Keuntungan hasil penjualan tersebut dapat digunakan untuk budidaya musim berikutnya. Ada pula peserta stand Puspa Lebo yang juga menjualbelikan hasil panen dari kebun percobaan dengan produk unggulan yaitu melon golden.

Potensi lain dari Kabupaten Sidoarjo yang dapat ditemukan di Pasar Tani diantaranya pangan olahan yang beraneka macam. Diantaranya telur asin dari Kecamatan Candi dan Kecamatan Krian, jambu biji merah dari Kecamatan Taman dan Kecamatan Porong, jus buah dan susu kefir dari Kecamatan Sidoarjo, tahu bakso, olahan bandeng, jeruk nipis super dari Kecamatan Sedati serta aneka produk jamu, kripik dan kerupuk dari beberapa Kecamatan lain di Sidoarjo. Stand Pasar Tani terbuka untuk umum baik pelaku utama maupun pelaku usaha karena juga terdapat beberapa stand milik swasta turut serta meramaikan Pasar Tani seperti Bernardi, Tempe Hienak, dan Aneka Sambal yang dalam mendapatkan stand tersebut diperlukan pendaftaran di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo.

Ke depan, semoga program Pasar Tani semakin berkembang, semakin diketahui dan dikunjungi masyarakat luas terutama untuk berbelanja. Diharapkan semakin meningkatkan geliat ekonomi, memberikan keuntungan bersama baik bagi pelaku utama, pelaku usaha maupun konsumen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *