Indahnya Pekarangan Perumahan Bareng Indah Desa Barengkrajan dijadikan Taman Obat Keluarga

Lahan kosong yang tidak dimanfaatkan tentu sangat disayangkan. Walaupun sejengkal, mari kita coba melakukan pemanfaatan pekarangan rumah maupun lahan kosong di sekitar kita. Pekarangan memiliki nilai tambah jika dapat dilakukan pemanfaatan secara optimal misalnya ditanami sayur, buah, rempah-rempah maupun tanaman obat. Hal tersebut telah dilakukan oleh warga Perumahan Bareng Indah Blok E RT 31 di Desa Barengkrajan Kecamatan Krian.

Warga dengan kompak merombak lahan kosong pekarangan yang awalnya tak berfungsi menjadi Taman Obat Keluarga. Aneka jenis sayur mayur, buah, tanaman hias dan tanaman berkhasiat obat dengan mudah kita temukan di sana seperti terong, tomat, cabai, seledri, daun mint, pegagan, keladi tikus, lidah buaya, jinten, nanas kerang, patah tulang, kucai, daun syaraf, serai, lavender, ginseng jawa, melati, bunga pukul empat, daun ungu dan banyak lagi, tak kurang 50 jenis tanaman telah tertata dengan apik di area Taman Obat Keluarga RT 31 maupun di depan rumah warga masing-masing. Tanaman yang dijadikan icon adalah jeruk lemon. Jeruk lemon dapat digunakan mulai bumbu masakan hingga minuman untuk kesehatan tubuh. Penanaman dilakukan di polybag, pot maupun tanah secara langsung dan dibentuk menjadi model taman yang cantik dan indah. Belum lagi ditambah rak-rak penghias dan pot warna warni menambah kesan ceria yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Pemanfaatan tersebut tak lepas dari Peran PKK mulai tingkat RT hingga kecamatan serta Perangkat Desa dalam hal pembinaan dan pelaksanaan kegiatan khusunya PKK Pokja III. Pemafaatan pekarangan menjadi bagian Program Kerja Bidang Pangan dan Tata Laksana Rumah Tangga. Dengan pemanfaatan tersebut hasil panen buah maupun sayur dapat digunakan oleh warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan gizi skala rumah tangga, hal tersebut tentu dapat mengurangi pengeluaran dalam hal belanja bahan pangan sehari-hari. Dengan perawatan yang teratur taman tersebut dapat menjadi tempat rekreasi yang memberikan keindahan dan rasa tentram bagi penikmatnya. Hasil panen tanaman juga dapat dijual belikan dan dapat digunakan sebagai tambahan pendapatan bagi warga. Bagi yang belum memanfaatkan pekarangan, mari kita manfaatkan pekarangan rumah kita, selain tanaman, bisa dengan ternak maupun kolam ikan yang kesemuanya mendukung kebutuhan keluarga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *