Rapat Pleno TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018

Sidoarjo- Pada hari Rabu, 14 November 2018 diadakan Rapat Pleno TP. PKK Kabupaten Sidoarjo tahun 2018. Rapat tersebut didasari oleh tindak lanjut Rakernas TP. PKK tahun 2015, tindak lanjut program kerja TP PKK tahun 2018, penjabaran 10 program pokok PKK tahun 2018, dan rencana program kerja tahun 2019. Rapat tersebut dihadiri oleh pengurus dan anggota TP PKK Kab. Sidoarjo dan pengurus dan anggota TP PKK Desa/Kel se Kab. Sidoarjo kurang lebih sekitar 300 orang. Dana yang digunakan yaitu berasal dari APBD 2018.

Rapat Pleno berisi penjabaran program unggulan PKK diantaranya pola asuh anak dan remaja, pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatan lahan pekarangan. Evaluasi TP. PKK tingkat kecamatan ke TP PKK Desa/Kelurahan yaitu administrasi yang belum sesuai dengan Rakernas sehingga diperlukan pembinaan administrasi PKK didampingi instansi terkait.

Selain itu disampaikan pula mengenai materi khusunya dari Bidang Sekretaris oleh Ibu lela Slamet Riyadi. Beliau menyatakan bahwa kegiatan PKK sudah diatur oleh Perpres No. 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Perpres tersebut merupakan hasil perjuangan panjang TP. PKK sejak Rakernas PKK Ke VI tahun 2005 hingga Rakernas VIII tahun 2015. Perpres tersebut sebagai penghargaan tertinggi pemerintah terhadap Gerakan PKK dari bawah mulai Kades/Lurah yang membuat laporan tertulis hingga ke Pusat sehingga Perpres tersebut berdampak pada anggaran dalam pelaksanaan Gerakan PKK. Gerakan PKK agar dapat difasilitasi oleh Dana Desa. Perpres sebagai dasar hukum dalam mengatur gerakan PKK, pedoman operasional gerakan PKK, menguatkan dan meluaskan gerakan PKK Ndalam rangka mempercepat pencapaian keluarga sejahtera. Dalam Perpres tersebut juga diatur penyelenggaraan Gerakan PKK meliputi perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan.