Khasiat Kesehatan dari Senyawa yang Dikandung Tanaman Binahong

Tanaman binahong (Anredera cordicofolia (Ten) Steenis) adalah tanaman obat potensial yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Tanaman ini berasal dari dataran Cina dengan nama asalnya adalah dheng shanchi dan di negara Inggris di sebut madeira vine. Sinomim Baussingaultia gracilis Miers, Baussingaultia cordicofolia, Baussingaultia basselloides. Tanaman binahong termasuk dalam famili Basselaceae merupakan salah satu tanaman obat yang mempunyai potensi besar kedepan untuk di teliti sebagai bahan fitofarmaka.

Manfaat tanaman ini sangat besar dalam dunia pengobatan, secara empiris binahong dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dalam pengobatan, bagian tanaman yang digunakan dapat berasal dari akar, batang, daun, dan bunga maupun umbi yang menempel pada ketiak daun. Tanaman ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Tanaman ini masih di teliti meski dalam lingkup terbatas. Beberapa penelitian tersebut dilakukan dalam rangka mengkaji potensi tanaman binahong sebagai pengobatan herbal (herbal medicine) seperti efektifitas terhadap penyembuhan luka pasca melahirkan, luka bakar, luka insisi, luka penderita diatebes maupun pengujian ekstrak tanaman binahong sebagai antibakteri dan antiinflamasi.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman ini adalah kerusakan ginjal, diabetes, pembengkakan jantung, muntah darah, pemulihan pasca operasi, pemulihan pasca melahirkan, menyembuhkan segala luka dalam dan khitanan, luka memar (akibat benturan, terpukul atau terkilir), radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, sembelit, sesak napas, sariawan berat, sakit perut, menyuburkan kandungan, maag, asam urat, keputihan, pembengkakan hati, meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh.

Kandungan metabolit sekunder daun binahong yaitu senyawa polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin, steroid, triterpenoid, saponin, dan minyak atsiri. Flavonoid dari ekstrak daun binahong memiliki aktivitas farmakologi sebagai antiinflamasi, analgesik, dan antioksidan. Alkaloid memliki kemampuan sebagai antibakteri. Saponin memiliki sifat antibakteri dan antivirus berkhasiat sebagai obat antikanker, antitumor, dan penurun kolesterol.

Walaupun tanaman binahong merupakan tanaman yang memiliki khasiat obat (herbal), namun masyarakat belum memanfaatkannya secara optimal, kadangkala banyak pula yang belum memahami khasiat maupun cara penggunaannya. Penggunaan tanaman obat memiliki banyak manfaat selain bahannya terdapat di alam, relatif lebih murah dan mudah dijangkau oleh semua kalangan, tidak memiliki efek samping yang membahayakan karena memakai bahan-bahan alami, tidak dicampur dengan bahan kimia serta lebih menyehatkan. Kelebihan lainnya adalah pengolahannya tidak rumit, bisa dilakukan di rumah tanpa memerlukan peralatan khusus. Umumnya, bahan baku ramuan tanaman obat berupa tanaman segar, dan pengolahannya hanya dengan ditumbuk, diseduh, dibakar, dan direbus. Jenis herbal atau obat tradisional secara umum dikelompokkan menjadi tiga, yakni: 1. Jamu adalah obat yang diolah secara tradisional, baik dalam bentuk serbuk seduhan, pil, maupun cairan yang berisi seluruh bagian tanaman. 2. Bahan ekstrak alami bahan ekstrak alami adalah obat tradisional yang dibuat dari ekstrak atau penyarian bahan alami yang dapat berupa tanaman obat, binatang, maupu mineral. 3. Fitofarmaka merupakan bentuk obat tradisional dari bahan alami yang dapat disejajarkan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah distandardisasi serta ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinis pada manusia.

Dengan tulisan ini semoga dapat menambah informasi kita semua mengenai manfaat dan kandungan senyawa dari tanaman binahong yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional (herbal).

Berminat menanam tanaman bianahong di rumah? Bisa pesan binahong hijau atau pesan binahong merah di sini.

Menanam tanaman obat di pekarangan wujud pencegahan penyakit (preventif) lini keluarga dan wujud mencintai lingkungan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *