Penerapan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kabupaten Sidoarjo

Mengutip dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengenai program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) bahwa Kementerian Pertanian menginisiasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Rumah Pangan Lestari (RPL). RPL adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. Apabila RPL dikembangkan dalam skala luas, berbasis dusun (kampung), desa, atau wilayah lain yang memungkinkan, penerapan prinsip Rumah Pangan Lestari (RPL) disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Selain itu, KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya (sekolah, rumah ibadah, dan lainnya), lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

Prinsip dasar KRPL adalah: (i) pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, (ii) diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, (iii) konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan (iv) menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju (v) peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Program KRPL tersebut telah dilaksanakan di beberapa desa di Kabupaten Sidoarjo dan juga merambah kawasan KRPL Perkantoran, salah satunya di Balai Penyuluhan Kecamatan Krian. Berikut dokumentasi pelaksanaan kegiatan KRPL tersebut.

Tim Penggerak PKK Kab. Sidoarjo juga mendukung program KRPL pemerintah. Pada tahun 2015, Tim Penggerak PKK Kab. Sidoarjo khususnya Pokja III mengadakan penyuluhan mengenai Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (Tanam Sayur dalam Pot/Polybag) yang dihadiri oleh perwakilan anggota PKK tingkat Kecamatan maupun Desa se Kabupaten Sidoarjo. Pada acara tersebut disampaikan materi mengenai bagaimana budidaya sayuran di pekarangan mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan, hingga panen. Selain itu juga terdapat materi mengenai budidaya sayuran secara vertikultur yaitu budidaya tanaman dengan cara bertingkat / bersusun memanfaatkan ruang ke arah atasĀ  sebagai solusi bertanam untuk lahan sempit (perkotaan). Seperti diketahui Sidoarjo merupakan daerah penyangga Kota Surabaya dimana banyak terjadi alih guna lahan pertanian menjadi perumahan maupun industri. Perumahan yang tidak memiliki lahan pekarangan seperti di desa-desa masih dapat menghijaukan rumahnya dengan teknik budidaya sayuran secara vertikultur.

Secara detail materi tersebut dapat di download di sini.

Materi GerakanĀ Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon Kab. Sidoarjo

Kami juga menyediakan produk paralon vertikultur seperti gambar di atas dan dapat di pesan di sini. Pekarangan terbatas bukan menjadi hambatan dalam melakukan Gerakan Tanam Sayur. Selamat mencoba di rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *